Kamis, 04 Maret 2021
Kamis, 11 Februari 2021
Hari Kamis, 04 Februari 2021
silahkan dicatat dan dirangkum PEMOGRAMAN DASAR
Hari Kamis, 12 November 2020
Materi
TIPE DATA INDENTIFIER dan OPRERASI DASAR
1. Ordinal types
karakter utama tipe ordinal adalah pengurutan data yang memiliki data bernilai kecil dan dan bernilai besar, Selain itu tipe ini dapat melakukan pengoperasian beberapa fungsi Pascal seperti succ,High, Ord, Dec, Pre,Low, dan Inc.
a. Integer atau bilangan bulat
tipe data ini dapat mendukung nilai pecahan atau desimal seperti bilangan 77,4 . Tipe data integer termasuk kategori tipe data smallint, sedangkan tipe Cardinal sebagai jenis tipe longword. Dalam compliment free pacal pa, atau 10 tipe data jenis integer (bilangan bulat), seperti yang disajikan pada tabel 4.1.
Tabel 4.1 tipe data integer 1
Tipe |
Jangkauan |
Ukuran Byte |
byte |
0 sampai dengan 225 |
1 |
Shortint |
- 128 sampai dengan 127 |
1 |
shortint |
-32768 sampai dengan 32767 |
2 |
Word |
0 sampai dengan 4294967295
|
2 |
integer |
termasuk dalam Semallint, longint, dan int64 |
2,4,8 |
Cardinal |
termasuk dalam Word, LongWord dan qword |
2,4,8 |
longint |
- 2147483648 sampai dengan 214748364 |
4 |
longword |
0 sampai dengan 4294967295 |
|
int64 |
- 9 2 2 3 3 7 2 0 3 6 8 9 4 7 7 5 8 0 8 9 2 2 3 3 7 2 0 3 6 8 5 4 7 7 5 8 0 7 |
4 |
Qword |
0 sampai dengan 18 446744 0737 0955 1615 |
8 |
Contoh oh
program tipe_integer;
uses crt;
var
X, Y : byte;
begin
clrscr;
X:=10;
Y:=*5;
Writeln( 'Nilain Y : ',Y);
readln;
End.
b. Boolean
tipe boolean merupakan salah satu tipe data dengan hanya dua kemungkinan, yaitu false (0) true (1) . compiler free pascal mendukung tipe Bytebool, WordBool, dan LongBool. Karena masih merupakan tipe ordinal, nilainya dapat diketahui urutannya dengan menggunakan fungsi ord. Operasi logika yang dapat terjadi pada tipe ini adalah NOT, END dan OR.
Contoh
program cth boolean
uses crt ;
Var
X : Boolean;
Y : byte
Begin
clrscr;
A: =0;
If a>100 then x :=true
else x:= false ;
writeln ('Nilai x adalah ', 0rd (x)) ;
readln() ;
Hari Kamis, 08 Oktober 2020
LATIHAN SOAL
1. Dalam menyusun suatu program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah...
a. Mempelajari program
b. Membeli komputer
c. Membuat Algoritma
d. Membuat Proses
2. Urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis disebut...
a. Algoritma
b. Flowchart
c. Variable
d. Tipe Data
e. Konstanta
3. Dibawah ini beberapa struktur dasar algoritma antara lain...
a. Perbaikan, Pemulihan, Perulangan
b. Urutan, Pilihan, Pengulangan
c. Urutan, Pemulihan, Perulangan
d. Pemulihan, Urutan, Pemograman
e. Perbaikan, Pemilihan, Pngulangan
4. Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama...
a. Data Flow
b. Data
c. Terminator
d. Decision
e. Proses
5. Jenis data yang tidak memiliki nilai pecahan adalah ....
a. Terminator
b. Display
c. Flow Direction
d. Processing
e. semua salah
ESAY ...
1. Buatlah 5 (lima) Flowchart gambar dan jelaskan pengertianya
2. Bagan Alir penjumlahan 2 bilangan
- Mulai
- Masuk bilangan pertama A
- Masuk bilangan bilangan kedua B
- Hitung hasil = A+ B
- Tampilkan hasil
- Selesai
Hari Kamis, 01 Oktober 2020
Hari Kamis 17 September 2020
Materi
Operasi Terhadap logika Bilangan Logika
orasi logika merupakan konsep dasar yang di gunkan oleh proses komputasi dalam mesin komputer dalam mesin komputer yang akan dijelaskan secara detail pada komputasi sistem komputer tentang gerbang logika digital . pada oprasi terhadap bilangan logika, dikenal dua nilai, yaitu true (1) dan False (0) ada beberapa operasi logika yang dikenal sebagai berikut .
a. Orasi AND
Operasi logika dengan operasi AND anak menghasikan nilai true jika dua operand-nya bernilai true .
Input |
Output |
|
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
1 |
0 |
0 |
1 |
1 |
1 |
b. Operator NAND
Operator NAND merupakan kebalikanya dari hasil operasi AND . jika salah satu operand nilai false, output-nya naka bernilai true .
Input | Output | |
0 | 0 | 1 |
0 | 1 | 1 |
1 | 0 | 1 |
1 | 1 | 0 |
c. Operator OR
Operator OR
Operasi logika dengan operasi OR akan menghasilkan nilai true jika salah satu atau semua operand nilai true.
Iput | Output | |
0 | 0 | 0 |
0 | 1 | 1 |
1 | 0 | 1 |
1 | 1 | 1 |
PENGERTIAN
PEMOGRAMAN DASAR
Pemrograman adalah proses menulis, menguji
dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah
program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.
Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan
suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram
(programmer). Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan
dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman,
dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
Pemrograman adalah sebuah seni dalam
menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan
dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu
sehingga menjadi sebuah program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda
pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma
pemrograman.
·
Konsep
Dasar Pemrograman
Pengertian Dasar Program adalah rangkaian instruksi-instruksi
dalam bahasa komputer yang disusun secara logika dan sistematis.
Pengertian Pemrograman adalah suatu kumpulan
urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana instruksi
tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer atau dikenal
dengan bahasa pemrograman. Konsep Dasar Pemrograman pada umumnya adalah IPO
(Input Proses Output), lalu dikembangkan mejadi:
Originating adalah Berhubungan dengan pengumpulan data
yang biasanya merupakan pencatatan data kedokumen dasar. Setelah dikumpulkan
dilakukan proses input.
Input adalah Tahapan ini merupakan proses
pemasukan data kedalam proses komputer melalui
Peralatan input.
Proses adalah Tahap ini merupakan proses pengolahan data dari data yang
sudah diinput berupa proses menghitung membandingkan,
mengurutkan, mengklasifikasikan, mengendalikan dan
mencari di storage.
Output adalah Tahap ini merupakan proses untuk menghasilkan keluaran dari
proses pengolahan data ke peralatan output berupa informasi (monitor, speaker,
dsb)
Distribution adalah Tahap ini merupakan proses penyebaran informasi kepada
pihak-pihak yang
berhak dan membutuhkan informasi.
Storage adalah Tahap ini merupakan perekaman hasil
pengolahan data storage yang nantinya dapat dipergunakan untuk input proses
selanjutnya.
Data Adalah Data adalah bahan mentah
yang akan diolah menjadi informasi sehingga dapat dipergunakan oleh user
atau pemakai.
1. Tipe Data Dasar Merupakan tipe data
primitif yang tidak terstruktur yang didefinisikan oleh
bahasa pemrograman.
Tipe
data dasar dibagi menjadi lima bagian yaitu :
a.Numerik, yaitu menyimpan data
berupa angka
b.Enumerasi, yaitu suatu urutan list
dari nilai-nilai yang berbeda.
c.Boolean, yaitu tipe data untuk
merepresentasikan True atau False.
d.Character, yaitu tipe data untuk
menyimpan rangkaian karakter
e.Internationalization, disebut I18N
2. Tipe Data Terstruktur : Merupakan tipe data campuran
dari berbagai tipe data dasar Contohnya array, record, string, list dan file.
3. Tipe Data didefinisikan oleh
Pemakai : Tipe
data ini biasanya disebut Enumerasi.
4. Tipe Data Penunjuk : Contoh tipe data penunjuk
adalah pointer
Model Komputasi adalah suatu
kumpulan dari nilai dan operasi-operasi. Ada 3 dasar model komputasi :
1. Model Fungsional, yaitu model perhitungan yang fungsional terdiri
dari satu set nilai-nilai, fungsi dan operasi, aplikasi, fungsi dan komposisi
fungsi.
2. Model Logika, yaitu logika model perhitungan
terdiri dari suatu set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis.
3. Model Imperative, yaitu model perhitungan yang
imperative terdiri dari satu set nilai-nilai yang mencakup suatu status dan
operasi tugas-tugas untuk memodifikasi status tersebut.
Ø Prinsip Bahasa Pemrograman
Empat prinsip dasar perancangan bahasa pemrograman adalah:
1. Sintaks, menjelaskan bagaimana struktur program yang benar.
2.Tipe sistem dan semantik, menunjukkan tipe nilai yang dapat
dimanipulasi oleh program dan
arti(semantik) dari program, mencakup
juga aturan penamaan entitas (variabel,fungsi,class,parameter,dll).
3. Manajemen memori, menunjuk kepada sekumpulan teknik
yg membantu kita untuk memahami pemetaan letak dari nilai, struktur data, dan
struktur program di dalam memori.
4. Exception handling, mengenai penanganan exception (hal-hal
yang tak terduga seperti kesalahan input ketika menjalankan program).
·
Definisi
Sintaks, Semantik, dan Pragmatik
Sintaks : Aturan gramatikal / komposisi suatu
program yang mengatur tata cara penulisanhuruf, angka dan karakter lain.
Contoh : Pada pembuatan program
Pascal antara 2 statement dipisahkan oleh ; (titik koma)
X:=1; X:=X+1;
Semantik : Mendefinisikan arti dari
program yang benar secara sintaks dari bahasa pemrograman tersebut. Contoh :
Pada pembuatan program C int vector[10] Arti semantiknya akan menyebabkan ruang
sebanyak 10
Pragmatik : Kemampuan pemakai dalam
mengaitkan kalimat dengan kontek-kontek yang sesuai bagi kalimat tersebut. Contoh
: (A+B)*(A-B)
Hari Kamis, 13 Agustus 2020
MATERI
A. Struktur Algoritme dengan Natural
Language
Struktur
penulisan dengan metode natural language lebih mendekati penulisan algoritme
dengan gaya Bahasa manusia yang digunakan dalam keseharian. Langkah yang
digunakan bersifat deskriptif, singkat, padat, dan mudah di mengerti .
B.
Struktur
algoritme dengan Flowchart
Model
penulisan algoritme ini disebut sebagai bagan alir atau flowchart. Bagan alir
(flowchart) merupakan bagan yang menunjukan aliran atu runtunan data dan proses
yang terdiri dalam program secara logika.
Ø Simbol-simbol
ysng digunakan dalam penulisan.
Simbol
bagan |
Nama |
Fungsi |
|
Terminator |
Menandakan star awal Tu
end ahir program |
|
Arah Aliran |
Menunjukan arah aliran
pada program |
|
Preparation |
Proses dekrarasi atau
pemberian nilai-nilai awal pada variable yang digunakan |
|
Proses |
Menunjukan proses yang
dilakukan mesin program |
|
Input/onput data |
Menandaka proses input onput data secara manual |
|
Predefined process
subprogram |
Menunjukan proses
subprogram |
|
Devision atau kondisi |
Menggambarkan sebuah
keadaanpemilihan dari dua kondisiyang bernilai true (benar) false
(salah)untuk selanjutnya mengerjakan statement (peryataan ) tertentu.
Contohnya jika kondisi true, program mengerjakan proses A. jika false ,
program mengerjakan proses B. |
|
On page connector |
Menghubungkan bagian-bagia
flowchart yang terpisah dapa satu halam |
|
Off page connector |
Menghubungkan
bagian-bagian flowchart yang terputus pada halaman berbeda. |
Struktur Algoritme dengan Pseudocode
Suatu proses algoritma dapat digambarkan
dalam beberapa bentuk seperti bahasa natural dinamana bentuk ini merupakan yang
paling sederhana dan paling mudah dimengerti karena bentuk ini menggunakan
bahasa yang dimengerti berbeda jika kita menggunakan bentuk pseudocode dimana penyajiannya mirip dengan kode program yang kita perlu
sedikit memahaminya, begitu juga dengan flowchart yang menggunakan simbol-simbol untuk menggambarkan proses
yang berjalan. Kali ini saya akan membagikan contoh penulisan algoritma dalam bentuk
pseudocode dan flowchart. Sebelum itu kita
perlu mamahami lebih rinci mengenai perbedaan antara penyajian algoritma baik
dalam bentuk pseudocode maupun flowchart.
Pseudocode adalah salah satu bentuk penulisan algoritma yang cukup banyak
digunakan, dimana bentuk ini mirip dengan bahasa program. Walaupun mirip namun
namun jelas pseudocode bukanlah bahasa
pemrograman.
Penulisan Pseudocode memiliki beberapa pedoman
sbg :
1.
Memiliki bagian
header (kepala) yang menunjukan judul algoritme , komentar dan deklarasi
2.
Memiliki badan
algoritma yang merupakan inti dari proses
3.
Memiliki bagian
ahir proses algoritma menandakan bahwa proses alir program algoritma telah
berahir
4. Pada saat mendeklarasikan variable, gunakan format sbg
Hari, 10 September 2020
LATIHAN SOAL .
1. Buatlah flowcahat Algoritma menghitung luas segitiga.
- Mencari tahu panjang lebar
- Mencari tahu panjang segi tiga
- Mengalika tinggi dengan alas
- Mengalikan hasil perkalian (alas x tinggi) dengan 1/2
- Cetak hasil luas segi tiga
- Selesai
2. Sebutkan pengertian Pseudocode ....
3. Tipe data dasar dibagi menjadi lima bagian adalah ...
4. Sebutkan 6 flowchart dibawah ini, nama dan fungsinya ..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar