Halaman

KELAS X MM PEMOGRAMAN DASAR

Kamis, 04 Maret 2021

Absen Kelas 

 



 

 


 

 

 

Kamis, 11 Februari 2021

Absen Kelas 

 

 Hari Kamis, 04 Februari 2021

Absen Kelas  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

silahkan dicatat dan dirangkum PEMOGRAMAN DASAR




 

Hari Kamis, 12 November 2020

Absen Kelas 

 

 

 

 

 

 

Materi 

TIPE DATA INDENTIFIER dan OPRERASI DASAR 

1.  Ordinal types

 karakter utama tipe ordinal adalah pengurutan data yang memiliki data bernilai kecil dan  dan bernilai besar,  Selain itu tipe ini dapat melakukan pengoperasian beberapa fungsi Pascal seperti succ,High, Ord, Dec, Pre,Low, dan Inc.



a.  Integer atau bilangan bulat

tipe data ini dapat mendukung nilai pecahan atau desimal seperti bilangan  77,4 .  Tipe data integer termasuk kategori tipe data smallint,   sedangkan tipe Cardinal sebagai jenis tipe longword.  Dalam compliment free  pacal pa, atau 10 tipe data jenis integer (bilangan bulat),  seperti yang disajikan pada tabel 4.1.

 Tabel 4.1  tipe data integer 1

Tipe

Jangkauan

  Ukuran Byte 

byte

0  sampai dengan 225   

1

Shortint

- 128 sampai dengan 127 

1

shortint

-32768 sampai dengan 32767

2

Word

0  sampai dengan 4294967295

 

2

integer

 termasuk dalam  Semallint, longint, dan int64

2,4,8

Cardinal 

termasuk dalam Word,  LongWord  dan qword

2,4,8

longint

- 2147483648 sampai dengan 214748364

4

longword

0  sampai dengan 4294967295

 

int64

- 9 2 2 3 3 7 2 0 3 6 8 9 4 7 7 5 8 0 8

  9 2 2 3 3 7 2 0 3 6 8 5 4 7 7 5 8 0 7

4

Qword

0  sampai dengan 18 446744 0737 0955 1615 

8

 Contoh  oh

 program tipe_integer;

uses crt;

  var 

X, Y :  byte;

begin

clrscr;

X:=10;

Y:=*5;

Writeln( 'Nilain Y : ',Y);

readln;

End.

b.  Boolean

tipe boolean merupakan salah satu tipe data dengan hanya dua kemungkinan,  yaitu false (0)  true (1) .   compiler  free pascal  mendukung tipe Bytebool, WordBool, dan LongBool. Karena masih merupakan tipe ordinal, nilainya dapat diketahui urutannya dengan menggunakan fungsi ord.  Operasi logika yang dapat terjadi pada tipe ini adalah NOT, END dan OR. 

Contoh

program cth boolean

uses crt ; 

Var

X : Boolean;

Y : byte

Begin

clrscr;

A: =0;

If a>100 then x :=true

else x:= false ;

writeln ('Nilai ',a,' > 100 teryata ',x) ;

writeln ('Nilai x adalah ', 0rd (x)) ;

readln() ;

and .




 



 

 Hari Kamis, 08 Oktober 2020

Absen Kelas

LATIHAN SOAL 

1. Dalam menyusun suatu program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah...
a. Mempelajari program
b. Membeli komputer
c. Membuat Algoritma
d. Membuat Proses

2. Urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis disebut...
a. Algoritma
b. Flowchart
c. Variable
d. Tipe Data
e. Konstanta

3. Dibawah ini beberapa struktur dasar algoritma antara lain...
a. Perbaikan, Pemulihan, Perulangan
b. Urutan, Pilihan, Pengulangan
c. Urutan, Pemulihan, Perulangan
d. Pemulihan, Urutan, Pemograman
e. Perbaikan, Pemilihan, Pngulangan

4. Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama...
a. Data Flow
b. Data
c. Terminator
d. Decision
e. Proses

5. Jenis data yang tidak memiliki nilai pecahan adalah .... 

a. Terminator
b. Display
c. Flow Direction
d. Processing
e. semua salah

ESAY ...

1. Buatlah 5 (lima) Flowchart gambar dan jelaskan pengertianya

2.  Bagan Alir penjumlahan 2 bilangan

     - Mulai

     - Masuk bilangan pertama A

      - Masuk bilangan bilangan kedua B

      - Hitung hasil = A+ B  

       - Tampilkan hasil

       - Selesai  

                        




 

Hari Kamis, 01 Oktober 2020

Absen Kelas

Hari Kamis 17 September 2020

Absen Kelas

Materi

Operasi Terhadap logika Bilangan Logika

orasi logika merupakan konsep dasar yang di gunkan oleh proses komputasi dalam mesin komputer dalam mesin komputer yang akan dijelaskan secara detail pada komputasi sistem komputer tentang gerbang logika digital . pada oprasi terhadap bilangan logika, dikenal dua nilai, yaitu true (1) dan False (0) ada beberapa operasi logika yang dikenal sebagai berikut .

a. Orasi AND

Operasi logika dengan operasi AND anak menghasikan nilai true jika dua operand-nya bernilai true .

Input

Output

0

0

0

0

0

0

1

0

0

1

1

1



 

 

 b. Operator NAND 

Operator NAND merupakan kebalikanya dari hasil operasi  AND . jika salah satu operand nilai false, output-nya naka bernilai true .

Input
Output
0
0
1
0
1
1
1
0
1
1
1
0

 

 

 

 c.  Operator OR

Operator OR

Operasi logika dengan operasi OR akan menghasilkan nilai true jika salah satu atau semua operand nilai true.

Iput
Output
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
1

 

 

 

PENGERTIAN PEMOGRAMAN DASAR

 

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram (programmer). Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritmalogikabahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Pemrograman adalah sebuah seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi sebuah program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.

·         Konsep Dasar Pemrograman

Pengertian Dasar Program adalah rangkaian instruksi-instruksi dalam bahasa komputer yang disusun secara logika dan sistematis.

Pengertian Pemrograman adalah suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti  oleh komputer atau dikenal dengan bahasa pemrograman. Konsep Dasar Pemrograman pada umumnya adalah IPO (Input Proses Output), lalu dikembangkan mejadi:

Originating adalah Berhubungan dengan pengumpulan data yang biasanya merupakan pencatatan data kedokumen dasar. Setelah dikumpulkan dilakukan proses input.

Input adalah Tahapan ini merupakan proses pemasukan data kedalam proses komputer melalui

Peralatan input.

Proses  adalah Tahap ini merupakan proses pengolahan data dari data yang sudah diinput berupa proses    menghitung membandingkan, mengurutkan, mengklasifikasikan, mengendalikan dan

mencari di storage.

Output adalah  Tahap ini merupakan proses untuk menghasilkan keluaran dari proses pengolahan data ke peralatan output berupa informasi (monitor, speaker, dsb)

Distribution adalah  Tahap ini merupakan proses penyebaran informasi kepada pihak-pihak yang

berhak dan membutuhkan informasi.

Storage adalah Tahap ini merupakan perekaman hasil pengolahan data storage yang nantinya dapat dipergunakan untuk input proses selanjutnya.

Data Adalah Data adalah bahan mentah yang akan diolah menjadi informasi sehingga  dapat dipergunakan oleh user atau pemakai.

 

1. Tipe Data Dasar Merupakan tipe data primitif yang tidak terstruktur yang didefinisikan oleh

 bahasa pemrograman.

 

Tipe data dasar dibagi menjadi lima bagian yaitu :

a.Numerik, yaitu menyimpan data berupa angka

b.Enumerasi, yaitu suatu urutan list dari nilai-nilai yang berbeda.

c.Boolean, yaitu tipe data untuk merepresentasikan True atau False.

d.Character, yaitu tipe data untuk menyimpan rangkaian karakter

e.Internationalization, disebut I18N

2. Tipe Data Terstruktur : Merupakan tipe data campuran dari berbagai tipe data dasar Contohnya array, record, string, list dan file.

3. Tipe Data didefinisikan oleh Pemakai : Tipe data ini biasanya disebut Enumerasi.

4. Tipe Data Penunjuk : Contoh tipe data penunjuk adalah pointer

Model Komputasi adalah suatu kumpulan dari nilai dan operasi-operasi. Ada 3 dasar model komputasi :


1. Model Fungsional, yaitu model perhitungan yang fungsional terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi dan operasi, aplikasi, fungsi dan komposisi fungsi.

2. Model Logika, yaitu logika model perhitungan terdiri dari suatu set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis.

3. Model Imperative, yaitu model perhitungan yang imperative terdiri dari satu set nilai-nilai yang mencakup suatu status dan operasi tugas-tugas untuk memodifikasi status tersebut.

 

 

Ø  Prinsip Bahasa Pemrograman

Empat prinsip dasar perancangan bahasa pemrograman adalah:


1. Sintaks, menjelaskan bagaimana struktur program yang benar.

2.Tipe sistem dan semantik, menunjukkan tipe nilai yang dapat dimanipulasi oleh program dan

arti(semantik) dari program, mencakup juga aturan penamaan entitas (variabel,fungsi,class,parameter,dll).

3. Manajemen memori, menunjuk kepada sekumpulan teknik yg membantu kita untuk memahami pemetaan letak dari nilai, struktur data, dan struktur program di dalam memori.

4. Exception handling, mengenai penanganan exception (hal-hal yang tak terduga seperti kesalahan input ketika menjalankan program).

 

·         Definisi Sintaks, Semantik, dan Pragmatik

Sintaks   : Aturan gramatikal / komposisi suatu program yang mengatur tata cara penulisanhuruf, angka dan karakter lain.

Contoh : Pada pembuatan program Pascal antara 2 statement dipisahkan oleh ; (titik koma)
X:=1;  X:=X+1;

Semantik : Mendefinisikan arti dari program yang benar secara sintaks dari bahasa pemrograman tersebut. Contoh : Pada pembuatan program C int vector[10] Arti semantiknya akan menyebabkan ruang sebanyak 10

Pragmatik  : Kemampuan pemakai dalam mengaitkan kalimat dengan kontek-kontek yang sesuai bagi kalimat tersebut. Contoh : (A+B)*(A-B)

 Kamis, 06 Agustus 2020

Absen Kelas 

Hari Kamis, 13 Agustus 2020

Absen Kelas 

MATERI

 

A.  Struktur Algoritme dengan Natural Language

Struktur penulisan dengan metode natural language lebih mendekati penulisan algoritme dengan gaya Bahasa manusia yang digunakan dalam keseharian. Langkah yang digunakan bersifat deskriptif, singkat, padat, dan mudah di mengerti . 

B.     Struktur algoritme dengan Flowchart

Model penulisan algoritme ini disebut sebagai bagan alir atau flowchart. Bagan alir (flowchart) merupakan bagan yang menunjukan aliran atu runtunan data dan proses yang terdiri dalam program secara logika.

Ø  Simbol-simbol ysng digunakan dalam penulisan.

Simbol bagan

Nama

Fungsi

 

 

 

Terminator


Menandakan star awal Tu end ahir program

   

 


Arah Aliran

Menunjukan arah aliran pada program

 

 

 

Preparation


Proses dekrarasi atau pemberian nilai-nilai awal pada variable yang digunakan

 

 

 

Proses


Menunjukan proses yang dilakukan mesin program




 

 

Input/onput data



Menandaka  proses input onput data secara manual


 

 

 

Predefined process subprogram



Menunjukan proses subprogram

 

 

 

 

Devision atau kondisi

Menggambarkan sebuah keadaanpemilihan dari dua kondisiyang bernilai true (benar) false (salah)untuk selanjutnya mengerjakan statement (peryataan ) tertentu. Contohnya jika kondisi true, program mengerjakan proses A. jika false , program mengerjakan proses B.

 

 

 

On page connector

Menghubungkan bagian-bagia flowchart yang terpisah dapa satu halam

 


 

 

Off page connector


Menghubungkan bagian-bagian flowchart yang terputus pada halaman berbeda.


Kamis, 27 Agustus 2020

Contoh bagan alir (flowchart) penjumlahan

  

 Struktur Algoritme dengan Pseudocode

Suatu proses algoritma dapat digambarkan dalam beberapa bentuk seperti bahasa natural dinamana bentuk ini merupakan yang paling sederhana dan paling mudah dimengerti karena bentuk ini menggunakan bahasa yang dimengerti berbeda jika kita menggunakan bentuk pseudocode dimana penyajiannya mirip dengan kode program yang kita perlu sedikit memahaminya, begitu juga dengan flowchart yang menggunakan simbol-simbol untuk menggambarkan proses yang berjalan. Kali ini saya akan membagikan contoh penulisan algoritma dalam bentuk pseudocode dan flowchart. Sebelum itu kita perlu mamahami lebih rinci mengenai perbedaan antara penyajian algoritma baik dalam bentuk pseudocode maupun flowchart.

Pseudocode adalah salah satu bentuk penulisan algoritma yang cukup banyak digunakan, dimana bentuk ini mirip dengan bahasa program. Walaupun mirip namun namun jelas pseudocode bukanlah bahasa pemrograman.

Penulisan Pseudocode memiliki beberapa pedoman sbg :

1.       Memiliki bagian header (kepala) yang menunjukan judul algoritme , komentar dan deklarasi

2.       Memiliki badan algoritma yang merupakan inti dari proses

3.       Memiliki bagian ahir proses algoritma menandakan bahwa proses alir program algoritma telah berahir

4.       Pada saat mendeklarasikan variable, gunakan format sbg 

Hari, 10 September 2020

Absen Kelas

LATIHAN SOAL .

1. Buatlah flowcahat Algoritma menghitung luas segitiga.

-  Mencari tahu panjang  lebar

-  Mencari tahu panjang segi tiga

-  Mengalika tinggi dengan alas

-  Mengalikan hasil perkalian (alas x tinggi) dengan 1/2

-  Cetak hasil luas segi tiga

-  Selesai

2. Sebutkan pengertian Pseudocode ....

3. Tipe data dasar dibagi menjadi lima bagian adalah ...

4. Sebutkan 6 flowchart dibawah ini, nama dan fungsinya ..









Tidak ada komentar:

Posting Komentar